Rekomendasi Drama Sageuk Terbaik

 
Drama Sageuk Terbaik
photo via mydramalist.com


Buat para pecinta drama Korea, pastinya sudah tidak asing lagi dengan drama Sageuk . Drama sageuk adalah salah satu genre drama Korea yang sangat diminati, sageuk merujuk pada drama atau film berlatar sejarah. Salah satu ciri khas dari drama sageuk ini terlihat pada pakaian tradisional yang digunakan para tokohnya. 

Selain itu kisah yang diangkat dalam drakor sageuk ini umumnya mengacu pada peristiwa sejarah, konflik kerajaan, politik hingga peperangan. Tak hanya itu saja, dalam drama sageuk juga disisipkan cerita percintaan hingga komedi. 

Namun sayangnya, drakor sageuk ini dikenal memiliki ending yang sedih. Meskipun demikian, para penonton tetap memilihnya menjadi salah satu drakor genre yang menarik. 

Nah, buat kamu yang saat ini tertarik menonton drama sageuk. Berikut ini ada beberapa rekomednasi drama sageuk terbaik pilihan MovieTime. Cekidot

1. Jewel in The Palace (2003)

Drama Sageuk Terbaik
photo via mydramalist.com

Rekomendasi drama sageuk terbaik pertama ada Jewel in The Palace. Drama ini berdasarkan pada kisah nyata Jang Geum, tabib kerajaan wanita pertama dari Dinasti Joseon. Drakor ini dikenal sebagai salah satu drakor yang meningkatkan penyebaran budaya Korea ke luar negeri.

Drakor sageuk ini dibintangi oleh Lee Young Ae, Ji Jin Hee, Hong Ri Na dan lainnya. Menceritakan tentang kisah seorang juru masak dapur kerajaan yang yatim piatu, kemudian ia menjadi dokter wanita pertama Raja. Dimasa ketika wanita memiliki sedikit pengaruh dalam masyarakat, juru masak magang muda Jang Geum (Lee Young Ae) berusaha untuk mempelajari rahasia masakan Korea dan obat-obatan untuk menyembuhkan Raja dari berbagai penyakitnya. 

2. The Great Queen Seondeok (2009)

Drama Sageuk Terbaik
photo via mydramalist.com

Drakor ini menggambarkan tentang kehidupan Ratu Seondeok dari Silla. Drama ini dibintangi oleh Lee Yo Won, Go Hyun Jung, Park Ye Jin, Uhm Tae Woong, Kim Nam Gil dan Yoo Seung Ho.

The Great Queen Seondeok menceritakan tentang Deokman yang merupakan anggota keluarga Kerajaan Silla, namun hidupnya harus terasingkan. Singkat cerita, Deokman akhirnya kembali ke Silla dan menyamar sebagai seorang laki-laki dan ia pun dilatih sebagai seorang Nangdo. 

Disana ia bergabung dengan saudara kembarnya dan seorang komandan pasukan Kim Yu Shin (Uhm Tae Woong) untuk menentang Lady Mishil, seorang selir dan pejabat tinggi kerajaan yang berhasrat untuk menguasi Kerajaan Silla. 

Mishil membuat rencana-rencana jahat untuk menyingkirkan kedua putri kembar Silla yaitu Deokman dan Putri Cheonmyeong. Sayangnya, Mishil berhasil membunuh Putri Cheonmyeong. Deokman dan Yu Shin pun akhirnya bertemu dengan Bidam (Kim Nam Gil) meminta bantuan agar para hwarang perpihak padanya.

3. Dong Yi (2010)

Drama Sageuk Terbaik
photo via mydramalist.com

Drama sageuk ini diangkat dari kisah nyata seorang selir raja bernama Dong Yi yang melahirkan Raja Joseon ke-21, Yeong Jo. Drakor ini dibintangi Han Hyo Jo, Ji Jin He, Lee So Yeon, Bae Soobin hingga Park Ha Sun. 

Dong Yi menceritakan tentang seorang wanita dari golongan Cheonmin atau kasta rendah pada masa dinasti Joseon. Keluarganya dibunuh karena fitnah politik dan membuat Dong Yi hidup sebatang kara. 

Dong Yi pun diasuh oleh gisaeng bernama Seol Hee (Kim Hye Jin). Ia merawat dan mendidik Dong Yi dengan baik sehingga ia berhasil bekerja menjadi pelayan di istana. Dong Yi bekerja sebagai pelayan air rendahan. Pada suatu hari, Dong Yi menyelidiki rumor yang menimpa selir Jang Hui Bin (Lee So Yeon). Berkat kecerdasannya, selir Hui Bin pun terlepas dari rumor tersebut dan selir Hui Bin merekomendasikan Dong Yi bekerja di Biro Penyelidikan Istana. 

Namun sayangnya hubungan Dong Yi dan selir Hui Bin merenggang saat Dong Yi mengetahui rencana licik selir Hui Bin yang ingin menggunlingkan posisi Ratu In Hyeon. Selir Hui Bin pun semakin membenci Dong Yi karena tahu Raja menyukai Dong Yi. Ternyata selama ini Raja Suk Jong (Ji Jin Hee) menyamar sebagai pejabat dan ikut menyelidiki kasus bersama Dong Yi. 

Atas dorongan Ratu In Hyeon, Raja pun menikahi Dong Yi dan menjadikannya seorang selir. 

4. The Moon That Embracing The Sun (2012)

Drama Sageuk Terbaik
photo via mydramalist.com

The Moon That Embracing The Sun merupakan salah satu drama sageuk terbaik. Serial ini dibintangi oleh Kim Soo Hyun, Han Ga In, Jung Il Woo dan Kim Min Seo.

Drakor sageuk ini menceritakan tentang kisah cinta Raja Lee Hwon (Kim Soo Hyun) dan seorang peramal bernama Wol (Han Ga In). Lee Hwon dan Wol pertama kali bertemu saat mereka masih remaja, saat itu Wol bernama Heo Yeon Woo, putri bangsawan sedangkan Lee Hwon masih berstatus Putra Mahkota. 

Pada suatu hari, Putra Mahota Lee Hwon dan Yeon Woo bahkan hampir menikah, namun digagalkan ibu suri yang ingin menjodohkannya dengan Yoon Bo Kyung (Kim Min Seo). Ibu Suri bahkan memerintahkan dukun istana untuk membunuh Yeon Woo. Dengan kemampuan sihirnya, Nok Yeong membuat Yeon Woo seolah-olah meninggal dihadapan semua orang. Setelah itu, Yeon Woo dibawa kabur dan dihidupkan kembali. Meksipun selamat, Yeon Woo kehilangan semua ingatannya dan menjalani hidup sebagai seorang peramal bernama Wol. 

Delapan tahun berlalu, Lee Hwon telah naik takhta menjadi Raja. Suatu hari Raja tidak sengaja bertemu Wol, ia curiga dengan Wol dan menyelidiki kembali kematian Yeon Woo.

5. Empress Ki (2013)

Drama Sageuk Terbaik
photo via mydramalist.com

Drakor sageuk satu ini wajib masuk dalam daftar playlistmu, drama ini dibintangi oleh Ha Ji Won, Ji Chang Wook, Joo Jin Mo dan Baek Jin Hee. 

Empress Ki menceritakan tentang Ki Seung Nyang (Ha Ji Won) asal Goryeo yang menyamar menjadi laki-laki. Ia melakukan ini untuk menghindari persembahan wanita ke Yuan. Kehidupan Ki Seung Nyang bersama kelompok preman pasar membuatnya bertemu dengan Pangeran Mahkota Goryeo Wang Yu (Joo Jin Mo) yang saat itu menyamar sebagai warga biasa. Ki Seung Nyang pun menyadari jika Wang Yu adalah seorang Putra Mahkota. Wang Yu juga mulai tertarik pada Ki Seung Nyang karena pandai memanah. 

Pada suatu hari, Ki Seung Nyang diberi tugas untuk mendampingi Putra Mahkota Yuan yang sengaja dibuang yaitu Ta Hwan (Ji Chang Wook). Perdana Menteri El Timur sengaja mengirim Ta Hwan ke Goryeo agar mati disana. 

Singkat cerita, Ki Seung Nyang pun menjadi selir Ta Hwan lalu menjadi seorang permaisuri yang hebat. Ia membantu suaminya Kaisar Ta Hwan untuk lepas dari jeratan Perdana Menteri El Timur.

6. Jang Ok Jung, Living by Love (2013)

Drama Sageuk Terbaik
photo via mydramalist.com

Jang Ok Jung, Living by Love merupakan salah satu drama sageuk terbaik yang dibintangi oleh Kim Tae Hee, Yoo Ah In, Hong Soo Hyun dan Jae Hee. 

Serial ini menceritakan tentang kisah hidup Jang Hee Bin sebelum menjadi selir. Ia adalah seorang penjahit dan pembuat kosmetik di Dinasti Joseon. Ia dikenal sebagai penjahit berbakat dan wanita tercantik di Dinasti Joseon. Namun ia berada di kelas rendah karena ibunya adalah seorang budak. 

Saat dewasa, ia memasuki istana sebagai pelayan istana bagian penjahit. Suatu hari ia bertemu dengan Putra Mahkota Lee Soon (Raja Sukjong) yang membuat hidupnya serta ibunya berubah. Ia pun diangkat menjadi daya istana spesial kemudian naik tingkatan hingga menjadi selir tingkat 1 (bin). 

Ia menjadi satu-satunya wanita yang dicintai oleh Kaisar Sukjong. Namun karena kasih sayang dari Kaisar Sukjong padanya, ia menjadi musuh ibu suri Myeongseong, Permaisuri In Hyeon dan Partai Barat yang dipimpin Min Yoo Joong, ayah Permaisuri In Hyeon. 

7. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

Drama Sageuk Terbaik
photo via mydramalist.com

Berdasarkan pada novel Tiongkok "Bu Bu Jing Xin" karya Tong Hua. Drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo menceritakan tentang seorang wanita yang berasal dari abad ke-21 Go Ha Jin (Lee Ji Eun) kembali ke masa Dinasti Goryeo. Ia terbangun dalam tubuh seorang gadis remaja berusia 16 tahun bernama Hae Soo.

Disana ia jatuh cinta pada pangeran ke-8 Wang Wook (Kang Ha Neul) dan juga pangeran ke-4 Wang So (Lee Jun Ki) yang menyembunyikan wajahnya dibalik topeng. Cinta, persaingan, politik dan persahabatan terjadi diantara para pangeran, perebutan tahta juga terjadi diantara mereka.

8. Queen for Seven Days (2017)

Drama Sageuk Terbaik
photo via mydramalist.com

Rekomendasi drama sageuk terbaik selanjutnya adalah Queen for Seven Days. Drama ini berdasarkan kisah nyata Lady Shin dari Dinasti Joseon. Dimana Lady Shin memiliki kisah tragis dan dikenal sebagai ratu dengan masa pemerintahan tersingkat dalam sejarah Korea. 

Queen for Seven Days menceritakan tentang Lee Yoong (Lee Dong Gun) ditunjuk sebagai Raja menggantikan ayahnya. Ia dikenal sebagai Raja Yeon San, ia memiliki adik laki-laki bernama Lee Yeok (Yeon Woo Jin). 

Dari surat wasiat ayahnya, Raja Yeon San harus menyerahkan tajtanya pada sang adik jika Lee Yeok sudah dewasa. Namun karena hal ini Raja Yeon San membenci adiknya sendiri.

Setelah dewasa, Lee Yeok menikahi Shin Chae Kyung (Park Min Young). Mereka dikenal sebagai Raja Jung Jong dan Ratu Dang Yeong. Namun sayangnya kepemimpinan Ratu Dang Yeong hanya bertahan selama 7 hari. Sebab ia dipaksa mundur oleh lawan politik yang ingin menguaasai kerajaan. Ratu Dang Yeong juga diasingkan dari istana dan terpaksa menjalani hidup terpisah dari sang Raja. Meksipun begitu, Raja tidak berhenti merindukan istrinya.

9. The Red Sleeve (2021)

Drama Sageuk Terbaik
photo via mydramalist.com

Drakor satu ini wajib kalian masukan ke dalam list, sebab jalan ceritanya sangat menarik. Dibintangi oleh Lee Jun Ho, Lee Se Young dan Kang Hoon. 

Berdasarkan novel berjudul sama, The Red Sleeve menceritakan tentang kisah Yi San (Lee Junho) cucu dari Raja Yeongjo dan Seong Deok Im (Lee Se Young) dayang istana.

Yi San jatuh cinta pada Deok Im yang terlihat sederhana dan memintanya untuk menjadi selir. Namun Deok Im tidak pernah mau menerima permintaan itu. Sebab, Deok Im tahu betul bagaimana kehidupan selir di istana dan ia merasa tidak akan pernah bahagia jika menjadi selir. Deok Im ingin menjalani hidupnya dengan bebas dan itu tidak mungkin dilakukan sebagai selir. Namun pada akhirnya, Deok Im pun terjerat dengan Yi San dan menjadi selir.

10. Under The Queen's Umbrella (2022)

Drama Sageuk Terbaik
photo via mydramalist.com

Under The Queen's Umbrella merupakan salah satu drama Korea yang banyak diperbincangkan beberapa waktu lalu. Drama ini memadukan politik kerajaan, keluarga dan komedi.

Diceritakan di dalam istana ada pangeran pembuat onar yang hanya menyebabkan sakit kepala bagi keluarga kerahaan dan diubah menjadi Putra Mahkota yang tepat. Ratu Im Hwa Ryeong (Kim Hye Soo) memiliki aura keanggunan, namun ia Ratu yang senditif dan pemarah terlebih jika menyangkut anak-anaknya. 

Ia adalah seorang Ratu yang terkadang meninggalkan harga dirinya dan bahkan dikenal suka bersumpah. Setiap hari hidupnya penuh dengan cobaan, tetapi dia bertahan dari semuanya demi anak-anaknya.


Itulah beberapa rekomendasi drama sageuk terbaik yang bisa kamu tonton. So, dari deretan diatas, mana yang menjadi favoritmu?

Posting Komentar

0 Komentar