Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

 
Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata
photo via mydramalist.com


Film tidak semuanya memiliki cerita yang fiksi, ada juga beberapa film yang diangkat dari kisah nyata. Biasanya cerita-cerita yang diangkat mengenai kasus kriminal, bahkan beberapa kasusnya sempat menjadi teror yang menakutkan. Tak hanya menyajikan kisah yang menarik, kamu juga akan dibuat tercengang hingga emosi saat menontonnya. Nah, penasaran film apa saja itu? Berikut ini daftar film Korea yang diangkat dari kisah nyata.

1. Memories of Murder (2003)

Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata
photo via mydramalist.com


Film Korea yang diangkat dari kisah nyata pertama ada Memories of Murder. Film ini dibintangi oleh Song Kang Ho, Kim Sang Kyung, Kim Roi Ha, Park Hae Il dan Byun Hee Bong. 

Memories of Murder mengangkat kisah nyata dari peristiwa pembunuhan berantai pertama yang dikonfirmasi di Korea Selatan. Berlatar belakang kota Hwaserong tahun 1986, dua wanita ditemukan diperkosa dan dibunuh secara tragis. Tak berhenti sampai disana, ternyata kasus pemerkosaan dan pembunuhan kembali terjadi di kota tersebut. 

Detektif lokal Park Doo man (Song Kang Ho) yang belum pernah menangani kasus serius seperti ini kewalahan karena bukti dikumpulkan secara tidak benar, metode investigasi polisi dan teknologi forensik mereka belum secanggih masa sekarang. Dibantu detektif lainnya, mereka bersama-sama memecahkan kasus pembunuhan berantai ini dimana korbannya selalu wanita yang menggunakan pakaian merah. 

2. Voice of The Murderer (2007)

Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata
photo via mydramalist.com


Voice of The Murderer merupakan salah satu film Korea yang diangkat dari kisah nyata dari kasus penculikan Lee Hyung Ho yang brusia 9 tahun pada tahun 1991. Film ini dibintangi oleh Sol Kyung Gu dan Kim Nam Joo.

Pada suatu hari, putra berusia 9 tahun dari news anchor berita Korea Selatan yang terkenal dan sukses, Han Kyung Bae bernama Sang Woo menghilang tanpa jejak. Setelah putranya menghilang, Han Kyung Bae menerima telepon dari sang penculik. Sang penculik meminta uang tebusan sebagai ganti jika ingin anaknya selamat dan jangan menghubungi polisi.

Selama berhari-hari mereka terus diteror lewat telepon, namun sepertinya penculik sedang bermain-main dengan mereka yang membuat Oh Ji Sun akhirnya melibatkan polisi. Siapa yang mengira penculik tersebut mengetahui keluarga tersebut dibantu oleh polisi dan membuatnya marah.

Selama hampir 44 hari, Han Kyung Bae dan Oh Ji Sun mendapatkan teror dari sang penculik. Polisi pun tidak bisa melacak telepon tersebut. 

3. Silenced (2011)

Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata
photo via mydramalist.com


Rekomendasi film Korea yang diangkat dari kisah nyata satu ini wajib kamu tonton. Selama kamu menonton film ini, kalian akan dibuat emosi hingga marah dengan akhir kasusnya. Film ini didasarkan pada peristiwa yang terjadi di Gwangju Inhwa School, sebuah sekolah berkebutuhan khusus di Korea Selatan. 

Dibintangi oleh Gong Yoo dan Jung Yu Mi, film ini bermula saat seorang guru bernama Kang In Ho (Gong Yoo) ditugaskan mengajar di sebuah sekolah khusus siswa tunarungu di kota Mujin. Awalnya In Ho sangat bersemangat untuk mengajar anak-anak barunya. Namun ternyata anak-anak justru senang menyendiri dan sengaja menghindarinya. Tidak menyerah, ia tetap berusaha menunjukkan kepada anak-anak bahwa ia peduli. Ketika para siswa akhirnya terbuka, In Ho menghadapi kebenaran yang mengejutkan. Dimana para siswa diam-diam mengalami pelecehan fisik dan seksual oleh para guru disana. 

In Ho pun bekerja sama dengan aktivis hak asasi manusia Seo Yoo Jin (Jung Yu Mi) mengungkapkan kejahatan tersebut. Namun mereka menyadari, jika kepala sekolah, guru, polisi, jaksa dan komunitas gereja setempat berusaha menutupi kebenaran. 

4. Children (2011)

Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata
photo via mydramalist.com


Film ini didasarkan pada kasus nyata dari awal 1990-an yang dikenal di kalangan orang Korea sebagai "Frog Boys of Daegu". Pada tahun 1991, lima siswa sekolah dasar memberi tahu orang tua mereka bahwa mereka akan pergi ke gunung terdekat untuk menangkap katak, namun ternyata mereka menghilang. Hingga saat ini kasus pembunuhan tersebut belum terungkap.

Children berkisah tentang hilangnya lima anak di Gunung Waryong sejak tahun 1991 silam. Belasan tahun kemudian, ditemukan tulang yang ternyata identitasnya milik para anak yang hilang tersebut. Para detektif pun berusaha mengungkap kasus dibalik kematian anak-anak tersebut. Terlebih sebelumnya ditemukan kejanggalan saat ada pemuda misterius yang juga pergi ke gunung saat anak-anak tersebut dinyatakan hilang.

5. Hope (2013)

Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata
photo via mydramalist.com


Film Korea satu ini dijamin bakal membuatmu menangis dan marah saat menontonnya. Film ini diadaptasi dari peristiwa nyata yang terjadi pada 2008. Korban hanya dikenal dengan nama Na Young, ia dipukul dan diperkosa oleh seorang pria mabuk berusia 57 tahun bernama Cho Doo Soon disebuah bangunan. Mirisnya, pengadilan memvonis pria ini hanya 12 tahun penjara saja yang membuat kemarahan masyarakat.

Diceritakan So Won menjalani kehidupan yang indah bersama keluarga dan temanya. Suatu hari dalam perjalanan ke sekolah, So Won diculik lantas dipukuli dan diperkosa oleh pria asing dan ditinggalkan begitu saja. Untungnya ia selamat dan dapat memanggil ambulans.

Polisi akhirnya menghubungi orang tua So Won, setibanya di rumah sakit orang tua So Won kaget dengan luka yang dialami putri kesayangannya. So Won menderita beberapa luka dalam dan harus menjalani operasi besar. Orang tua Sowon pun disarankan oleh para ahli bedah, bahwa Sowon harus menggunakan tas kolostomi selama sisa hidupnya. 

Setelah Sowon sadar, ia dibantu oleh seorang psikiater untuk mengidentifikasi pelaku. Secara cepat berita ini pun menjadi ramai dan banyak wartawan berkumpul dirumah sakit. Hal ini membuat ayah Sowon membawanya ke ruangan lain dan menyembunyikannya dari perhatian media. Ternyata, Sowon mengidap post-traumatic stress disorder dan secara singkat salah mengira jika ayahnya sebagai penyerangan sebab sang ayah ingin memperbaiki tas kolostominya. Ayah Sowon semakin terluka saat Sowon menolak untuk melihat atau berbicara dengannya. Ayah Sowon pun bersembunyi di balik kostum karakter favorit putrinya dan menjadi malaikat pelindung di sisinya agar sang ayah bisa berdekatan dengan sang anak.

6. Han Gong Ju (2013)

Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata
photo via mydramalist.com


Film Korea ini ditulis dan disutradarai oleh Lee Su Jin, dibintangi oleh Chun Woo Hee. Film berdurasi 112 menit ini diadaptasi dari kasus pemerkosaan gadis oleh geng Miryang yang terkanal pada tahun 2004 di Korea Selatan.

Mengikuti kisah seorang siswi SMA bernama Han Gong Ju yang merupakan anak broken home. Orang tuanya telah bercerai, ayahnya sering mabuk-mabukkan dan jarang meluangkan waktu untuk Gong Ju sedangkan sang ibu malah sibuk mencari suami baru dan tidak mengakui Gong Ju sebagai anaknya. 

Meskipun begitu, Gong Jun memiliki sahabat yang baik bernama Hwa Ok yang sering menginap dirumahnya. Saat menginap di rumah Gong Jun, Hwa Ok sering mengajak pacarnya Dong Yoon yang merupakan salah satu anggota geng sekolah. Pada suatu hari, Dong Yoon mengajak anggota gengnya menginap di rumah Gong Jun untuk mabuk-mabukan disana.

Takut ayahnya segera datang, Gong Jun pun mengusir Dong Yoon dan teman-temannya. Sayangnya bukannya pergi, Dong Yoon memberikan Gong Jun minuman yang telah dicampur obat tidur atas perintah ketua geng.  Dong Yoon akan mengusir mereka jika Gong Jun mau meminumnya.

Saat terbangun, betapa terkejutnya Gong Jun melihat temannya diperkosa secara bergiliran oleh anggota geng. Kasus ini pun dibawa ke pengadilan, namun tersangka diberi keringanan karena merupakan anak-anak dari keluarga berada.

7. Northern Limit Line (2015)

Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata
photo via mydramalist.com


Northern Limit Line berkisah tentang para prajurit laut yang turut menjadi korban dalam pertempuran tersebut. Pada bulan Juni 2002, sementara Korea Selatan terjebak dalam hiruk pikuk olahraga saat tim sepak bola nasional bermain melawan Turki untuk memperebutkan tempat ketiga di Piala Dunia FIFA 2002, angkatan laut Korea Utara mengerahkan dua kapal patroli mereka menuju Garis Batas Utara, sebuah jalur maritim yang disengketakan. 

Saat menjalankan tugas biasanya, kapal patroli Korea Selatan PKM 357 tiba-tiba diserang mendadak. Akibatnya, 19 luka-luka dan 4 kematian dipastikan sebelum PKM 357 tenggelam akibat kebakaran yang tidak terkendali.

8. A Taxi Driver (2017)

Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata
photo via mydramalist.com


Selanjutnya, film Korea yang diangkat dari kisah nyata yaitu A Taxi Driver. Film ini berdasarkan kisah nyata yang berpusat pada seorang sopir taksi dari Seoul yang secara tidak sengaja terlibat dalam peristiwa Pemberontakan Gwangju pada tahun 1980. Pemberontakan Gwangju yang terjadi dari 18 Mei 1980 hingga 27 Mei 1980 ini diperkirakan menyebabkan 2.000 orang terbunuh. 

A Taxi Driver bercerita tentang seorang sopir taksi yang sedang mengalami kesulitan keuangan. Pada suatu hari, ia bertemu dengan turis asing yang mau membayarnya mahal untuk mengatarkannya ke Gwangju. Sopir taksi tak mengetahui ternyata orang asing tersebut adalah seorang jurnalis Jerman. Ia juga tidak pernah membayangkan akan masuk ke dalam area demontrasi besar yang akan mengubah sejarah negaranya.

9. My First Client (2019)

Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata
photo via mydramalist.com


Serial ini mengangkat sebuah tragedi pad atahun 2013 di Chilgok, Gyeongsang Utara, Korea Selatan. Dimana kasus penganiayaan oleh seorang wanita terhadap anak tirinya yang berujung kematian.

Jeong Yeob mencoba mencari pekerjaan sebagai pengacara di sebuah firma hukum di Seoul. Ini tidak mudah baginya, karena Jeong Yeob berasal dari kota yang lebih kecil. Sementara itu, ia mulai bekerja di pusat kesejahteraan anak di kampung halamannya. Dia pergi dengan seorang rekan kerja dari pusat kesejahteraan anak ke kantor polisi dan bertemu dengan Da Bin yang berusia 10 tahun. 

Gadis muda itu melapor ke polisi bahwa ibu tirinya mencekik lehernya, tapi tidak ada yang bisa dilakukan Jeong Yeob. Da Bin dikembalikan ke keluarganya. Da Bin dan adik laki-lakinya yang berusia 7 tahun, Min Joon mulai mengunjungi Jeong Yeob di pusat kesejahteraan anak setiap hari. 

Dia berusaha menghabiskan waktu bersama mereka untuk mempertahankan pekerjaannya. Jeong Yeob sadar bahwa anak-anak itu dianiaya oleh ibu tirinya, tapi dia tidak berdaya untuk berbuat apa-apa. Jeong Yeob kemudian mengetahui bahwa dia telah dipekerjakan oleh sebuah firma hukum di Seoul. Dia pergi ke Seoul tanpa pamit pada Da Bin dan Min Joon. Suatu hari, dia menerima telepon bahwa Da Bin telah membunuh adik laki-lakinya, Min Joon. 

10. Midnight (2021)

Film Korea Yang Diangkat Dari Kisah Nyata
photo via mydramalist.com


Film Korea yang diangkat dari kisah nyata ini mengisahkan tentang seorang pembunuh berantai di Korea Sleatan bernama Yoo Young Chul yang dijuluki sebagai "Pembunuh Berjas Hujan". Setidaknya dari tahun 2003 - 2004, ia telah membunuh 20 orang dan memotong tubuh korban menjadi beberapa bagian.

Midnight menceritakan tentang Kyung Mi, seorang wanita tuli yang bekerja sebagai konselor bahasa isyarat di call center bahasa isyarat. Suatu malam, ia melihat So Jung Eun tertikam dan menjadi target baru pembunuhan berantai Do Shik. Pengejaran diam-diam dilakukan, Jong Tak, saudara laki-laki Jung Eun yang merupakan satpam harus melindungi adiknya. Disisi lain ibu Kyung Mi akan melakukan apapun untuk melindungi putrinya.


Itulah beberapa film Korea yang diangkat dari kisah nyata. Tak hanya mengharukan, beberapa film diatas juga masih menimbulkan teka-teki yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Posting Komentar

0 Komentar