Rekomendasi Drama Korea Bertema Sekolah

 
Drama Korea Bertema Sekolah
photo via mydramalist.com


Selain drama Korea romantis, ternyata drama Korea tentang sekolah juga sangat seru dan tidak pernah bosan ditonton. Drakor tentang sekolah ini tidak hanya mengangkat kisah cinta remaja saja tapi juga menggambarkan kehidupan nyata yang dialami oleh para remaja di masa sekolah. Seperti perundungan, sistem pendidikan, ujian hingga pencarian jati diri. Dari sekian banyak drakor bertema sekolah, berikut ini ada beberapa judul yang wajib kamu tonton.

1. Boys Over Flowers (2009)

Drama Korea Bertema Sekolah
photo via mydramalist.com

Siapa sih yang tak mengenal drama Korea terpopuler satu ini yaitu Boys Over Flowers. Serial ini diadaptasi dari manga "Boys Over Flowers" karya Kamio Yoko. Drama ini dibintangi oleh Koo Hye Sun, Lee Min Ho, Kim Hyun Joong, Kim Bum, Kim Joon dan Kim So Eun. 

Geum Jan Di (Ku Hye Seon) adalah seorang gadis dari keluarga miskin, secara kebetulan ia diterima di SMA bergengsi dimana para siswanya berasal dari keluarga kaya raya. Disana ia bertemu dengan empat anak laki-laki tampan dan kaya yang dikenal sebagai F4.

Pemimpin grup F4 ini adalah Goo Jun Pyo (Lee Min Ho) yang tampan dan pewaris konglomerat terkemuka Shinhwa. Yoon Ji Hu (Kim Hyun Joong) cucu dari mantan presiden Korea, So Yi Jung (Kim Bum) pembuat tembikar terampil yang berasal dari keluarga pemilik museum seni terbesar di negara itu dan Song Woo Bin (Kim Joon) yang keluarganya menjalankan perusahaan konstruksi terbesar di negara itu. 

Kehidupannya mulai sengsara di sekolah karena tidak cocok dengan siswa lain karena statusnya dan lebih buruk lagi ia dicap sebagai target intimidasi baru F4. Berawal dari saling membenci, lama-kelamaan rasa cinta mulai tumbuh diantara Jan Di dan Jun Pyo. Namun hubungan mereka tidak berjalan mulus sebab ibu Jun Pyo sangat tidak merestui hubungan berbeda status ini. 

2. Dream High (2011)

Drama Korea Bertema Sekolah
photo via mydramalist.com

Dream High adalah salah satu drama Korea bertema sekolah yang sangat populer di masanya. Serial ini dibintangi oleh Bae Suzy, Taecyeon, IU, Wooyoung, Eunjung dan Kim Soo Hyun. 

Dream High menceritakan tentang enam siswa di Sekolah Tinggi Seni Kirin yang bekerja keras untuk mencapai impian mereka menjadi bintang musik di industri musik Korea. 

Go Hye Mi (Bae Suzy) adalah seorang siswa yang mengambil jurusan musik klasik namun harus melepaskan mimpinya dengan masuk Sekolah Tinggi Seni Kirin untuk melunasi hutang ayahnya. Tapi dia perlu mendapatkan dua siswa lain untuk datang ke sekolah agar dia bisa mendaftar di sekolah dengan syarat.

Kedua siswa ini adlaang Song Sam Dong (Kim Soo Hyun) yang tinggal dipedesaan dan Jin Guk (Ok Taec Yeon) yang ia temui secara tidak sengaja saat mencoba melarikan diri dari rentenir. Setiap siswa memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing, tetapi dengan dukungan dan bimbingan antara satu sama lain, mereka berjuang untuk bisa memulai debutnya diatas panggung. 

3. The Heirs (2013)

Drama Korea Bertema Sekolah
photo via mydramalist.com

Dibintangi oleh Lee Min Ho, Park Shin Hye dan Kim Woo Bin, drama berlatar SMA ini menjadi salah satu drama Korea bertema sekolah paling populer. 

The Heirs menceritakan tentang sekelompok siswa SMA kaya dan istimewa karena mereka akan mengambil alih kerajaan bisnis keluarga mereka. Kim Tan (Lee Min Ho) adalah pewaris kaya konglomerat besar Korea bernama Jeguk Group. Ia diasingkan ke AS oleh saudara tirinya Kim Won (Choi Jin Hyuk) yang mencoba mengambil kendali bisnis keluarga. Di AS ia bertemu dengan Cha Eun Sang (Park Shin Hye) yang pergi ke AS untuk mencari saudara perempuannya. 

Walaupun Kim Tan bertunangan dengan Yoo Rachel (Kim Ji Won) yang sesama ahli waris, Kim Tan jatuh cinta pada pandangan pertama pada Eun Sang. Ketika Kim Tan kembali ke Korea, mantan sahabatnya Choi Young Do (Kim Woo Bin) berubah menjadi musuh dan mulai mengganggu Eun Sang. Tapi tak lama, Young Do mulai jatuh cinta pada Eun Sang dan Kim Tan terpaksa memilih antara tanggung jawab sebagai pewaris bisnis keluarga atau cinta.

4. Sky Castle (2018)

Drama Korea Bertema Sekolah
photo via mydramalist.com

Ketika ditayangkan Sky Castle menjadi salah satu drama dengan rating tertinggi dalam sejarah televisi kabel Korea. Drama ini dibintangi oleh Yum Jung Ah, Lee Tae Ran, Yoon Se Ah, Oh Na Ra dan Kim Seo Hyung.

Han Seo Jin, Noh Seung Hye, Jin Jin Hee dan Lee Myung Joo semuanya tinggal bersama keluarga mereka di SKY Castle, lingkungan pribadi mewah yang menampung para dokter dan profesor kaya.

Semua orang tua menginginkan anak-anak mereka masuk ke universitas bergengsi dan secara aktif mendukung pendidikan mereka. Menyusul diterimanya putra Myung Joo di Universitas Nasional Seoul sebagai mahasiswa kedokteran, sebuah insiden terjadi yang mengakibatkan keluarganya pindah. 

Pada suatu hari penghuni Sky Castle kedatangan warga baru yaitu keluarga Lee Soo Im. Setelah berinteraksi dengan keluarga disana, Lee Soo Im memutuskan untuk membantu anak-anak yang stres disana dan menantang ibu-ibu di Sky Castle.

5. Extraordinary You (2019)

Drama Korea Bertema Sekolah
photo via mydramalist.com

Drama ini diadaptasi dari webtoon "July Found by Chance” karya Moo Ryoo. Dibintangi oleh Kim Hye Yoon, Kim Ro Woon, Lee Jae Wook, Lee Na Eun, Jung Gun Joo, Kim Young Dae dan Lee Tae Ri. 

Extraordinary You bercerita tentang seorang siswi bernama Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon) yang bersekolah di sebuah akademi bergengsi. Pada suatu hari, ia mengetahui bahwa ia dan semua orang di sekolahnya sebenarnya adalah karakter dalam manhwa yang berjudul Secret. Selain itu, ia juga memiliki kondisi jantung yang buruk. Dalam cerita ini, Dan Oh adalah karakter pendukung yang ditakdirkan sefera meninggal.

Tak puas dengan takdirnya tersebut, ia memutuskan untuk membuat takdirnya sendiri dengan mencoba menentang alur cerita yang ada dan menemukan cinta sejati. Harapannya pun semakin kuat setelah bertemu dengan siswa nomor 13 (Kim Ro Woon).

6. True Beauty (2020)

Drama Korea Bertema Sekolah
photo via mydramalist.com

Diadaptasi dari webtoon "True Beauty" karya Yaongyi. Drama ini dibintangi oleh Mun Ka Young, Cha Eun Woo, Hwang In Youp dan Park Yoo Na. 

True Beauty menceritakan tentang Im Ju Gyeong (Mun Ka Young) seorang siswi SMA yang menjadi terkenal sebagai gadis cantik setelah menguasai seni rias dari YouTube. Ia berubah menjadi dewi karena keterampilan rias wajahnya tetapi ia lebih memilih mati daripada menunjukkan wajahnya tanpa riasan kepada siapa pun.

Lee Su Ho (Cha Eun Woo) adalah anak laki-laki tampan namun dingin karena masa lalunya yang kelam. Pada suatu hari mereka bertemu untuk berbagi rahasia dan menemukan cinta satu sama lain.

7. All of Us are Dead (2022)

Drama Korea Bertema Sekolah
photo via mydramalist.com

Rekomendasi drama Korea bertema sekolah selanjutnya ada All of Us are Dead. Serial ini dibintangi oleh Park Ji Hu, Yoon Chan Young, Cho Yi Hyun, Lomon, Yoo In Soo, Lee Yoo Mi, Kim Byung Chul, Lee Kyu Hyung dan Jeon Bae Soo.

Setelah eksperimen sains yang gagal, sekolah SMA setempat dibanjiri zombie dan para siswa yang terperangkap berjuang untuk bertahan hidup. Tanpa makanan atau air dan komunikasi terputus oleh pemerintah, mereka harus menggunakan peralatan di sekitar sekolah untuk melindungi diri mereka sendiri di tengah medan pertempuran atau mereka akan menjadi bagian dari yang terinfeksi.

8. Twenty Five Twenty One (2022)

Drama Korea Bertema Sekolah
photo via mydramalist.com

Twenty Five Twenty One adalah salah satu drama Korea bertema sekolah yang dibintangi oleh Kim Tae Ri, Nam Joo Hyuk, Kim Ji Yeon, Choi Hyun Wook dan Lee Joo Myung. 

Drama Korea dengan rating tertinggi ini menceritakan tentang kehidupan romantis lima karakter mulai dari tahun 1998 hingga 2021. Pada tahun 1988, Na Hee Do (Kim Tae Ri) adalah anggota tim anggar sekolah di SMA Putri Seonjung, namun karena krisis IMF tim tersebut dibubarkan. Untuk mengejar hasratnya ia pindah ke SMA Taeyang dan berhasil menjadi anggota tim anggar Nasional. 

Sementara itu, keluarga Baek Yi Jin (Nam Joo Hyuk) telah berubah dari kaya menjadi compang-camping dan dipisahkan karena krisis keuangan. Dia terpaksa mengambil beberapa pekerjaan paruh waktu dan kemudian menjadi reporter olahraga.

9. Weak Hero Class 1 (2022)

Drama Korea Bertema Sekolah
photo via mydramalist.com

Drama Korea ini diadaptasi dari webtoon “Weak Hero” ditulis oleh SeoPass dan diilustrasikan oleh Kim Jin Seok. Serial ini oleh Park Ji Hoon, Choi Hyun Wook dan Hong Kyung.

Yeon Shi Eun (Park Ji Hoon) adalah siswa teladan yang mendapat peringkat teratas di sekolah menengahnya. Secara fisik, Yeon Shi Eun tampak lemah, namun dengan menggunakan kecerdasan dan psikologinya, ia berjuang melawan kekerasan yang terjadi di dalam dan di luar sekolahnya. 

10. Duty After School (2023)

Drama Korea Bertema Sekolah
photo via mydramalist.com

Diadaptasi dari webtoon "Duty After School" karya Ha Il Kwon. Drama ini dibintangi oleh Shin Hyun Soo, Lee Soon Won, Im Se Mi, Kwon Eun Bin, Kim Ki Hae, Kim Min Chul, Kim So Hee , Kim Su Gyeom, Kim Jung Lan, Moon Sang Min, Shin Myung Sung, Shin Su Hyun, Shin Hye Ji, Ahn Da Eun, Ahn Do Gyu, Yeo Joo Ha, Oh Se Eun, Woo Min Gyu, Yoon Jong Bin, Lee Yeon, Ji Min Hyuk, Choi Moon Hee, Hong Sa Bin dan Hwang Se In.

Duty After School bercerita tentang para siswa senior di SMA Seongjin yang berjuang melawan serangan sekelompok makhluk misterius yang menutupi langit. Mereka harus belajar cara menembak senapan, bertarung satu lawan satu dan menavigasi jalur rintangan dengan seragam sekolah mereka.


Itulah beberapa rekomendasi drama Korea bertema sekolah yang wajib kamu tonton. Dari deretan diatas, mana yang menjadi favoritmu?

Posting Komentar

0 Komentar