Drama Korea Tentang Kesehatan Mental Terbaik

 
Drama Korea Tentang Kesehatan Mental Terbaik
photo via mydramalist.com

Drama Korea tidak hanya menceritakan tentang cinta-cintaan saja, tapi ada juga drama Korea yang mengangkat isu tentang kesehatan mental. Kesehatan mental bukanlah hal tabu untuk dibicarakan dalam drama Korea, sejumlah drakor yang mengangkat isu-isu kesehatan mental mulai dari depresi hingga gangguan kecemasan. 

Tak hanya menghibur, drama ini juga meningkatkan kesadaran dan kepekaan kita terhadap pentingnya kesehatan mental. Berikut ini ada beberapa rekomendasi drama Korea tentang kesehatan mental terbaik yang bisa kamu tonton. 

1. It's Okay, That's Love (2014)

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental Terbaik
photo via mydramalist.com

It's Okay, That's Love merupakan drama Korea yang mengangkat kisah tentang Jang Jae Yeol (Zo In Sung) dan Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin) dimana mereka menderita akibat dari peristiwa yang mereka derita di usia muda. 

Jang Jae Yeol menderita skizofrenia, ia juga terbuka tentang ketakutannya terhadap keintiman. Sedangkan Hae Soo adalah seorang psikiater tetapi juga menderita genofobia. 

Ketika mereka berdua bertemu, meskipun kepribadian mereka berbenturan Jae Yeol dan Hae Soo membantu satu sama lain untuk menyembuhkan luka emosional mereka yang mengakar. 


2. Kill Me, Heal Me (2015)

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental Terbaik
photo via mydramalist.com

Akibat dari pengalaman masa kecil yang membuatnya trauma, Cha Do Hyun (Ji Sung) menderita hilang ingatan dan gangguan kepribadian disosiatif. 

Do Hyun sendiri adalah pewaris bisnis generasi ketiga tapi karena gangguan mental yang dideritanya, ia meminta tolong pada Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum) seorang psikiater tahun pertama yang membantunya secara diam-diam dan akhirnya jatuh cinta dengan salah satu kepribadiannya. 

Ketika Oh Ri Jin membantunya memulihkan ingatannya, ia menyadari jika ia adalah bagian dari ingatannya juga. 


3. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental Terbaik
photo via mydramalist.com

Kim Bok Joo (Lee Sung Kyung) adalah seorang wanita yang mengejar mimpinya untuk angkat besi di universitas atletik. Ia mulai menyukai kakak laki-laki temannya, Jung Joon Hyung (Nam Joo Hyuk). 

Ketika Bok Joo menghadapi perasaannya, ia sadar akan berat badannya dan amboso non-sterrotipnya. Ini menyebabkan ia memikirkan kembali seluruh hidupnya yang mengakibatkan ia mengalami depresi dan berhenti angkat beban. 

Sementara itu, Joon Hyung yang sedang berlatih menjadi perenang mengalami trauma pengabaian masa kecilnya. Keduanya saling membantu mengatasi gangguan mental ini dan kembali mengejar mimpi mereka.

4. What's Wrong With Secretary Kim? (2018)

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental Terbaik
photo via mydramalist.com

Drama ini mungkin lebih dikenal dengan unsur romansa komedinya, namun drama ini termasuk salah satu drama Korea tentang kesehatan mental. Lee Young Joon (Park Seo Joon) adalah wakil presiden sebuah perusahaan yang dijalankan oleh keluarganya. Ia sangat mementingkan diri sendiri sehingga hampir tidak mengakui orang disekitarnya. Ia memiliki seorang sekretaris bernama Kim Mi So (Park Min Young) yang sudah bekerja dengan rajin selama 9 tahun. Tapi kini, Kim Mi So ingin mengatur hidupnya dan fokus pada dirinya sendiri. Ia pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. 

Meskipun dibalut dengan romansa, drama ini mengangkat topik utama trauma masa kecil dan pengaruhnya terhadap kesehatan mental seseorang. Young Joon dan Mi So pernah diculik saat masih anak-anak. Insiden ini berakhir dengan penculik mereka bunuh diri di depan mereka, kejadian ini meninggalkan trauma salah satu dari mereka menderita PTSD dan yang lain menderita amnesia. 

Trauma dari peristiwa ini mengikuti mereka di masa dewasa. Ketika romansa berkembang, mereka pun menemukan hubungan lama dan saling membantu mengatasi trauma tersebut.

5. It's Okay to Not Be Okay (2020)

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental Terbaik
photo via mydramalist.com

Drama ini wajib kamu tonton karena banyak membahas tentang kesehatan mental. Serial ini mengikuti kisah tiga orang yang hidupnya terjerat. Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) bekerja di bangsal psikiatri. Ia bertugas untuk mencatat kondisi pasien dan menghadapi situasi tak terduga. Selain itu, ia juga harus menghabiskan sisa hidupnya merawat sang kakak Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang memiliki keterbatasan mental. 

Suatu hari, Kang Tae bertemu dengan Ko Moon Young (Seo Yea Ji) seorang penulis buku populer yang menderita gangguan kepribadian antisosial sehingga terlihat sombong dan kasar. Moon Young tertarik dengan Kang Tae yang bertekad memenangkan hatinya. 

Dibalik semua itu, Moon Young memiliki masa kecil yang traumatis dimana ibunya meninggal secara misterius dan ayahnya menyalahkannya atas hal itu. Selain itu, ibu Sang Tae dan Kang Tae juga meninggal ketika mereka masih anak-anak. Hal ini membuatnya mengasuh sang kaka di usia dini dan mengesampingkan kebutuhannya untuk memenuhi kebutuhan saudaranya. Tentu menjadi pengasuh terkadang melelahkan secara mental. Sehingga tak ada salahnya sesekali bersikap egois agar diri tetap waras.

6. When the Weather is Fine (2020)

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental Terbaik
photo via mydramalist.com

Diadaptasi dari novel "When the Weather Is Fine, I'll Go to See You" karya  Lee Do Woo. Setelah serangkaian kejadian malang, pemain cello Mok Hae Won (Park Min Young) berhenti dari pekerjaannya dan kembali ke desa tempat tinggalnya dulu sewaktu sekolah. Disana ia bertemu teman sekelas dan tetangganya Im Eun Seob (Seo Kang Joon) yang kini memiliki toko buku.

Di musim dingin, mereka berusaha melarikan diri dari kenyataan hidup yang keras dan pahit. Selain itu, mereka juga menemukan kehangatan satu sama lain yang cukup meluluhkan hati mereka yang telah lama membeku.

7. Our Blues (2020)

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental Terbaik
photo via mydramalist.com

Serial ini berpusat pada kisah masyarakat yang tinggal di Pulau Jeju. Dimana topik yang diangkat seperti bunuh diri, trauma masa kecil dan depresi. 

Drama ini mengambil drama bergaya omnibus yang menceritakan kisah beragam karakter yang saling berhubungan. Lee Dong Suk (Lee Byung Hoon) seorang pria asal Jeju yang menjual barang-barang dari daratan dengan truknya. Suatu hari, ia bertemu dengan Min Seon Ah (Shin Min Ah) seorang ibu tunggal yang menderita depresi. Ia kembali ke rumah masa kecilnya di Jeju dan membawa luka di hatinya. 

Park Jung Joon (Kim Woo Bin) adalah seorang kapten kapal yang jatuh cinta pada Lee Young Ok, seorang penyelam. Jung Eun Hee (Lee Jung Eun) adalah seorang pemilik toko ikan yang bertemu kembali dengan cinta pertamanya. 

8. Link: Eat, Love, Kill (2022)

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental Terbaik
photo via mydramalist.com

Drama Korea tentang kesehatan mental ini berkisah tentang chef Eun Gye Hoon (Yeo Jin Goo) yang melakukan telepati emosional dengan adiknya. Tapi kemampuannya menghilang ketika adik perempuannya dibunuh oleh penculik. 

Suatu hati ia mendapati dirinya mengalami emosi secara acak, ternyata itu emosi seorang wanita bernama Noh Da Hyun (Mun Ka Young). Saat Gye Hoon dan Da Hyun menjalani perjuangan mereka dan jatuh cinta. Disini para penonton dapat melihat Dampak peristiwa traumatis pada kepribadian seseorang dan bagaimana cinta dan dukungan dapat membantu mereka hidup kembali.

9. Daily Dose of Sunshine (2023)

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental Terbaik
photo via mydramalist.com

Serial ini berpusat pada Jung Da Eun (Park Bo Young), seorang perawat terampil di Departemen Psikiatri di Rumah Sakit Universitas Myungshin. Dae Eun menaruh perhatian pada pasiennya dimana ini tidak selalu menjadi pilihan paling cerdas. 

Drama Korea ini mengeksplorasi berbagai gangguan kejiwaan termasuk depresi, OCD dan skizofrenia dari sudut pandang Da Eun. Ketika Da Eun menangani pasiennya, para penonton akan mendapat pelajaran penting dalam hidup tentang bagaimana akhir yang bahagia tidak selalu terjadi pada semua orang.


Itulah beberapa drama Korea tentang kesehatan mental terbaik. Dari drama ini, kita mendapatkan pelajaran tentang dukungan sosial dan pentingnya mencari bantuan profesional ketika diperlukan.

Posting Komentar

0 Komentar