Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum

Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum Terbaik
photo via mydramalist.com

Walaupun sebagian besar penonton drama Korea lebih suka genre romansa, salah satu genre yang juga tak kalah menariknya untuk ditonton yaitu genre hukum. Drama ini umumnya berkisah tentang pengacara, ruang sidang atau hukum. Biasanya, drama hukum ini akan memiliki tokoh protagonis yang merupakan seorang pengacara bersama dengan pemeran lainnya yang juga dari bidang hukum. Serial ini cenderung lebih misterius dan intens. Ada banyak sekali drama hukum yang telah ditayangkan, agar kamu tidak bingung. Berikut ini ada beberapa rekomendasi drama Korea tentang hukum terbaik.

1. Suspicious Partner (2017)

Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum Terbaik
photo via mydramalist.com

Drama tentang hukum ini bercerita tentang Noh Ji Wook (Ji Chang Wook) seorang jaksa yang cerdas dan Eun Bong Hee (Nam Ji Hyun) seorang pemagang di departemen kehakiman yang sepertinya selalu menemukan dirinya berada di situasi yang tidak menguntungkan. 

Bong Hee dituduh telah membunuh mantan pacarnya dan Ji Wook diturunkan dari pangkatnya karena mempertaruhkan karir dan reputasinya untuk menyelamatkan Bong Hee. Seganya pun menjadi rumit ketika karir mereka dan kehidupan cinta mereka terjerat.

2. Stranger (2017)

Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum Terbaik
photo via mydramalist.com

Hwang Shi Mok menjalani operasi otak saat masih kecil untuk mengekang sifat kerasnya, tapi hal ini membuatnya kehilangan emosi. Kini ia menjadi seorang jaksa yang dikenal karena kecerdasan dan logikanya yang tajam, namun ia dikucilkan karena kurang empati. Selain itu, Shi Mok juga salah satu dari segelintir jaksa jujur yang menolak menerima suap. 

Pada suatu hari, ia bertemu dengan korban penikaman ketika menyelidiki kasus korupsi. Ia bertemu dengan Letnan Han Yeo Jin di TKP, mereka bekerja sama untuk memberantas korupsi dan menyelesaikan kasus pembunuhan berantai.

3. Diary Of A Prosecutor (2019)

Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum Terbaik
photo via mydramalist.com

Diary Of A Prosecutor adalah sebuah drama yang menggambarkan rutinitas sehari-hari dari jaksa yang bekerja terlalu keras hingga lembur sepanjang malam untuk menangani semua kasus berbeda yang diserahkan oleh polisi. 

Lee Sun Woong (Lee Sun Kyun) bekerja di Kantor Kejaksaan di distrik setempat. Dari luar, dia terlihat agak lambat dan seperti tidak memiliki ambisi namun sebenarnya batinnya berbeda dari apa yang terlihat di luar. Cha Myung Joo (Jung Ryeo Won) adalah seorang jaksa elit yang menaiki tangga kesuksesan di Kantor Kejaksaan Distrik Pusat sebelum dikirm ke kantor cabang.

4. Hyena (2020)

Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum Terbaik
photo via mydramalist.com

Hyena berurusan dengan pengacara swasta yang sangat kompetitif yang hanya bekerja untuk 1% masyarakat terkaya. Pengacara Jung Geum Ja (Kim Hye Soo) melintasi batas-batas hukum dan pelanggaran hukum, keadilan dan ketidakadilan, etika dan korupsi. Ia adalah hyena sejati yang mengejar kesuksesan dan uang, apapun resikonya. Berbekal naluri bertahan hidup, ia bertahan melalui semua itu. 

Yoon Hee Jae (Ju Ji Hoon) adalah seorang pengacara elit yang sukses. Ia percaya diri dengan kemampuannya dan memiliki pikiran cemerlang yang menyelimuti egonya. Menggunakan keahliannya untuk mendukung pihak tertinggi di negeri, ia ahli dalam melakukan manuver hukum untuk memenuhi kebutuhan.

5. Vincenzo (2021)

Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum Terbaik
photo via mydramalist.com

Rekomendasi drama Korea tentang hukum terbaik selanjutnya ada Vincenzo. Pada usia delapan tahun, Park Joo Hyeong berangkat ke Italia setelah diadopsi. Kini setelah dewasa, ia dikenal dengan nama Vincenzo Cassano (Song Joong Ki) dan diperkerjakan oleh keluarga mafia sebagai consigliere. Namun karena faksi madia yang bertikai, ia terbang ke Korea Selatan dimana ia terlibat dengan pengacara Hong Cha Young (Jeon Yeo Been). Pengacara Hong tipe pengacara yang akan melakukan apa saja untuk menenangkan kasus. 

6. Law School (2021)

Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum Terbaik
photo via mydramalist.com

Ketika sebuah insidem suram terjadi di sekolah bergengsi, keadilan melalui hukum diuji oleh seroang profesor hukum yang tangguh dan murid-muridnya yang ambisius. 

Yang Jong Hoon (Kim Myung Min) adalah seorang profesor hukum pidana dan mantan jaksa elit yang kata-katanya kasar, hal ini membuatnya menjadi profesir yang harus dihindari. Disaat yang sama, ada sesuatu yang menari tentang metode pengajarannya yang ketat dan penolakannya untuk menerima yang kurang dari yang terbaik dari calon juniornya di profesi hukum. 

Han Joon Hwi (Kim Bum) adalah seorang mahasiswa hukum tahun pertama yang mendapat nilai terbaik di kelasnya. Ia tampan dan pesonanya menjadikannya pria sempurna di atas kertas. Namun ada sisi tak terduga dalam dirinya yang masih tersembunyi. Kang Sol (A) (Ryu Hye Young) adalah mahasiswa hukum pertama yang mengatasi kemiskinan dan kesulitan masa kanak-kanak dengan mendapatkan izin masuk khusus ke sekolah tersebut. Ia menemppuh jalan yang penuh duri karena rasa kekurangan dan rasa malu yang terus-menerus di tengah kekayaan dan bakat yang mengelilinginya.

7. The Devil Judge (2021)

Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum Terbaik
photo via mydramalist.com

Serial ini berlatar belakang versi distopia Korea masa kini dimana kehidupan sehari-hari kacau dan masyarakatnya runtuh sehingga masyarakat secara terbuka menuarakan ketidakpercayaan dan kebencian mereka terhadap pemimpin mereka. 

Di dunia yang tidak memiliki hukum dan ketertiban, Ketua Pengadilan Hakim Kang (Ji Sung) memberi sinyal perlunya perubahan. Ruang sidangnya menjadi subjek reality show dimana ia tanpa ampun menghukum orang yang bersalah dan membuatnya mendapat julukan "Hakim Iblis".

8. Juvenile Justice (2022)

Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum Terbaik
photo via mydramalist.com

Drama Korea hukum ini sangat menarik ditonton dan bisa kalian petik pelajaran. Sim Eun Seok (Kim Hye Soo) adalah hakim elit dengan kepribadian berduri yang membenci pelaku remaja. Setelah ia ditugaskan ke pengadilan remaja setempat, ia mencoba untuk menyeimbangkan kebenciannya terhadap pelanggaran ringan dengan keyakinan teguh pada keadilan dan hukum.

9. Extraordinary Attorney Woo (2022)

Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum Terbaik
photo via mydramalist.com

Woo Young Woo (Park Eun Bin) didiagnosis dengan gangguan spektrum autisme. Meskipun begitu, ia lulus dengan nilai tertinggi di kelasnya dari Universitas Nasional Seoul yang bergengsi untuk perguruan tiggi dan sekolah hukum. Hal ini karena IQ-nya yang tinggi yaitu 164, dimana ingatannya mengesankan dan proses berpikir kreatif. Saat ini ia bekerja sebagai pengacara dan ia mendapati dirinya kesulitan dalam interaksi sosial.

10. Divorce Attorney Shin (2023)

Rekomendasi Drama Korea Tentang Hukum Terbaik
photo via mydramalist.com

Diadaptasi dari webtoon “Sacred Divorce”, serial ini bercerita tentang Shin Sung Han (Cho Seung Woo) adalah seorang pengacara perceraian yang memiliki bakat untuk menyelesaikan kasus yang paling rumit sekalipun. Namun keadaannya bertentang dengan situasi berantakan yang harus dia hadapi sehari-hari. Di lain sisi ia menemukan hiburan ketika bertemu dengan dia teman dekatnya, Jang Hyun Geun (Kim Sung Kyun) dan Jo Jung Sik (Jung Moon Sung). 



Itulah beberapa rekomendasi drama Korea tentang hukum terbaik yang bisa kamu tonton. So, mana yang menjadi favoritmu?

Posting Komentar

0 Komentar